Minggu, 09 Desember 2012

Yakult, Yogurt dan Kefir Susu Fermentasi kaya khasiat

Yakult, Yogurt dan Kefir Susu Fermentasi kaya khasiat

9 Februari 2012
Kalau ditanya tentang produk susu Fermentasi, mungkin yang segera muncul dalam benak kita masing-masing adalah yakult, karena iklannya sudah sangat gencar dan lama, lalu beberapa waktu kemudian muncul Yogurt menjadi produk susu fermentasi yang terkenal, lalu diantara ketenaran Yakult dan Yogurt, ada susu Fermentasi yang juga tidak kalah dalam hal khasiat yaitu Kefir.
Sekarang saya akan coba menuliskan / mengulas ulang tentang ketiga jenis susu fermentasi tersebut..
yakult
Yakult, sebenarnya adalah merk dagang, karena sekarang sudah banyak saingan juga yang kandungan bakteri dalam susu fermentasinya sama seperti vitacharm yang mulai menyodok dominasi yakult, seperti yang ditulis oleh wikipedia, yakult susu fermentasi dari skimsusu yang pertama kali diproduksi oleh Minoru Shirota tahun 1930-an. yakult mempunyai kandungan bakteri : Lactobacillus Casei yang mempunyai khasiat diantaranya : untuk membantu dalam proses pencernaan, adapun kandungan / komposisi Yakult adalah :
- Gula ( Sukrosa/Dektrosa ) untuk menyeimbangkan asam dengan manis
- Susu Bubuk Skim
- Perasa Alami
- Lactobacillus casei Shirota, 8 miliar per 65 mL botol (konsentrasi 108 CFU / mL) air.
Yogurt
Kedua Yogurt, adalah produk susu yang dihasilkan oleh fermentasi bakteri susu dan bakterinya dikenal dengan nama “Yogurt Cultures” kandungan bakteri dalam  Yogurt yaitu :  Lactobacillus delbrueckii subsp. bulgaricus dan Streptococcus salivarius subsp. bakteri thermophilus. Selain itu, Lactobacillus acidophilus dan bifido. Khasiat atau kandungan dari Yogurt Diantaranya : nutrisi kaya protein, kalsium, riboflavin, vitamin B6 dan vitamin B12 [27]. Ini memiliki manfaat gizi di luar yang dari susu.
Orang yang cukup tahan terhadap laktosa dapat mengkonsumsi yoghurt tanpa efek buruk, karena sebagian besar laktosa dalam susu prekursor diubah menjadi asam laktat oleh kultur bakteri yogurt.
Kefir
Kefir, sebelum saya lebih jauh menuliskan tentang Kefir, ada baiknya saya bercerita tentang pengalaman saya berkenalan dengan produk kefir ini, tahun 2010 an Bapak saya kambuh lagi sakit dan batuk darahnya, padahal dari dari 2008-2010 ngurutin obat paru-paru dengan rentang pengobatan 4x6bulan, sempat sehat 1 bulan lalu setelah itu K.O kembali dan tak berdaya, kondisi tubuh tinggal LungLit ( Balung dan Kulit ), lalu Adik saya mendapat saran dari bosnya untuk mencari produk susu fermentasi, yang pertama disarankan adalah Yakult, mudah dicari tapi harga yang terbilang “mahal” dgn khasiat penyembuhan batuk yang lama, untuk lebih cepat disarankan adalah yogurt, cuma kembali ini jg perlu waktu dan dana yang “tidak sedikit”, lalu saran ketiganya adalah Kefir, dengan efek khasiat yang lebih cepat, hemat karena bisa diproduksi sendiri dan kandungan bakteri yang lebih komplit dari kedua produk susu fermentasi yang lain ( yakult dan yogurt ). akhirnya saya mencoba mencari informasi dan mampirlah di blog : jogjakefir.blogspot.com milik pak Djoko hardoyo dan order 1 liter kefir cream dgn harga 30 rb, saya icip rasanya dahsyat untuk rasa asamnya, dan menjadi rasa yang nikmat ketika dicampur dengan madu/susu full cream, dan juga setelah baca2 informasi, referensi sayapun bertandang ke rumah pak Djoko untuk belajar memproduksi kefir sendiri untuk diberikan kepada Bapak saya, Alhamdulillah setelah mencoba merutin dan mengkonsumsi Kefir, kesehatan bapak berangsur pulih dan sudah bisa beraktifitas seperti sedia kala ( note :campuran konsumsi kefirnya adalah madu dan habbatussauda/jinten ).
Kefir adalah pangan fungsional probiotik, terbuat dari susu yang difermentasi dengan Kefir Grains, yang mengandung sekitar 40 jenis bakteri (beneficial bacteria) serta ragi (yeast) yang bermanfaat.
Masyarakat Pegunungan Kaukasus sebagai tempat asal Kefir, yang terkenal memiliki umur sangat panjang, yaitu lebih dari 100 tahun, percaya bahwa benih Kefir diberikan kepada rakyat Kaukasus oleh Nabi Muhammad saw., sehingga benih Kefir itu disebut “Butir benih dari Nabi” (The grains of Prophet). Kata Kefir berasal dari ‘kafur’ (air dari mata air di surga yang berwarna putih, harum dan sedap rasanya – Q,76:5-6).
Kefir bukan hanya meredam keluhan, tapi mampu melakukan penyembuhan dan recovery atas kerusakan yang terjadi, karena Kefir mengandung mineral dan asam amino esensial yang berfungsi sebagai unsur pembangun, pemelihara dan memperbaiki sel yang rusak.

sumber : http://dobelden.wordpress.com/2012/02/09/yakult-yogurt-dan-kefir-susu-fermentasi-kaya-khasiat/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar